Kamis, 27 November 2008

BAGAIMANA ANDA TAHU?

Rabu, 26 November 2008
2Petrus 1:1-21
BAGAIMANA ANDA TAHU?
Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita
(2Petrus 1:2)

Hujan badai yang terjadi suatu petang memunculkan pelangi terindah yang pernah saya lihat. Namun, ketika saya mencoba menceritakan hal itu pada istri saya, saya benar-benar frustrasi, karena begitu sulit bagi saya untuk melukiskan keindahannya dengan kata-kata. Agar lebih memahami apa yang saya amati, saya membaca sebuah artikel dalam ensiklopedia. Artikel itu menambah pemahaman saya, tetapi yang tersaji di sana hanyalah fakta-fakta yang kaku. Ensiklopedia itu tidak mampu mengungkap secara utuh tentang keagungan pelangi. Pengetahuan abstrak tentang pelangi berbeda dengan pengalaman menikmati keindahan pelangi itu.
Dalam 2Petrus 1 kita juga mendapati dua jenis pengetahuan yang berbeda. Pada ayat 5 dan 6, penulis menggunakan sebuah kata dalam Bahasa Yunani untuk "pengetahuan" yang berarti informasi abstrak yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rohani. Tetapi, pada ayat 2, 3, dan 8, penulis menggunakan kata dalam Bahasa Yunani yang merujuk pada arti: pengenalan akan Kristus secara lebih utuh dan praktis, yang sebenarnya merupakan tujuan akhir dari pertumbuhan rohani. Dua istilah tersebut berbeda, sama halnya dengan membaca tentang pelangi berbeda dengan melihat keindahannya.
Ayub mengungkapkan tentang perbedaan tersebut ketika berbicara kepada Tuhan setelah melewati ujian yang datang dalam hidupnya, "Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau" (Ayub 42:5). Saat Anda meningkatkan pemahaman Anda tentang Allah, berdoalah agar pengalaman dan penghargaan Anda kepada-Nya juga bertumbuh - MII

KITA BUTUH LEBIH DARI SEKADAR KEPALA YANG PENUH FAKTA -
- KITA BUTUH HATI YANG PENUH IMAN

(Sources:kidung.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar